Demografi Kabupaten Landak: Dayak Kanayatn sebagai Mayoritas

Orang-orang Kanayatn di Bukit Ulis sedang berinteraksi. Dok. Rmsp.

Kabupaten Landak, terletak di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Menjadi sebuah permata yang kaya akan keanekaragaman budaya dan pesona alamnya. 

Baca Mengenal Dayak Etno-numerologi

Kabupaten Landak terbentuk dari pemekaran Kabupaten Mempawah pada tahun 1999. Kabupaten yang subur tanahnya ini memiliki luas wilayah mencapai 9.909 km², menawarkan pemandangan yang bervariasi, mulai dari hutan lebat hingga sungai yang mengalir jernih.

Kanayatn sebagai mayoritas penduduk Landak

Salah satu aspek menarik dari Kabupaten Landak adalah keberadaan suku Kanayatn, yang merupakan mayoritas penduduk di daerah ini. Sebagai salah satu subsuku dari 405 subsuku Dayak menurut penggolongan Malincrodt, suku Kanayatn memiliki peran penting dalam membentuk budaya dan tradisi lokal. Penduduk suku ini tersebar di seluruh 13 kecamatan dan 156 desa, menjadikan setiap sudut Kabupaten Landak sarat akan kearifan lokal dan nilai-nilai yang telah diwariskan secara turun-temurun.

KMN Lima Tahun Bupati Landak Torehkan Prestasi, Lasarus: Incumbent Prioritas, yang Lain Harap Antre!

Pada tahun 2023, total penduduk Kabupaten Landak mencapai 413.588 jiwa, menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan dari 405.396 jiwa pada tahun sebelumnya. Kecamatan Ngabang, sebagai ibu kota kabupaten, mencatat populasi terbesar dengan 82.874 jiwa, terdiri dari 42.860 laki-laki dan 40.014 perempuan, menegaskan posisinya sebagai pusat aktivitas sosial dan ekonomi. 

Di sisi lain, Kecamatan Sengah Temila juga menunjukkan jumlah yang signifikan, yakni 66.112 jiwa, menambah dinamika kehidupan masyarakat di kabupaten ini.

Kehidupan masyarakat di Kecamatan Mempawah Hulu dan Jelimpo pun menunjukkan perkembangan positif, dengan populasi masing-masing mencapai 41.910 jiwa dan 29.436 jiwa, menciptakan suasana yang berwarna dengan berbagai kegiatan sosial dan budaya.

Kecamatan dengan karakteristik unik

Setiap kecamatan di Kabupaten Landak memiliki karakteristik unik, menciptakan mosaik kehidupan yang harmonis. Dengan adanya kode area telepon 0563, serta kode BPS 6103 dan kode Kemendagri 61.08, keberadaan Kabupaten Landak dalam konteks administratif pun terdefinisi jelas.

Sawit, Kakao, Lada : Pertumbuhan Produksinya Meningkat di Landak tahun 2015-2022

Dengan segala kekayaan alam dan budayanya, Kabupaten Landak, yang didominasi oleh suku Kanayatn, menawarkan pesona yang tak tertandingi bagi para pengunjung. Setiap sudut wilayah kabupaten Landak menyimpan kisah yang menunggu untuk diungkap, menciptakan daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang ingin menjelajahi keindahannya. 

Landak bukan sekadar tempat, melainkan sebuah perjalanan yang mengajak Anda menyelami warisan budaya dan keajaiban alam yang menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata menarik di Kalimantan Barat.

-- Ame Leakoa

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url